Strategi Pembelajaran Aktif: GROUP RESUME (Resume Kelompok)

strategi pembelajaran aktif group resume (resume kelompok)Biasanya sebuah resume dapat menggambarkan hasil pembelajaran yang telah dicapai oleh setiap individu. Resume ini akan menjadi hal yang menarik untuk dilakukan dalam grup atau kelompok dengan tujuan untuk membantu siswa/mahasiswa menjadi lebih akrab ataupun melakukan kerjasama kelompok yang anggotanya telah saling mengenal sebelumnya. Kegiatan kelompok ini akan lebih efektif apabila tugas resume yang anda berikan itu berkaitan dengan materi yang disampaikan.[1]

Dengan strategi pembelajaran group resume ini guru menjadi sedikit berbicara terhadap materi, namun bukan berarti guru hanya diam saja. Sebagai seorang pengajar sekaligus pembimbing siswa, guru harus memperhatikan jalannya diskusi di masing-masing kelompok. Selain itu guru juga harus menjelaskan bagian yang belum dimengerti siswa di masing-masing kelompok belajar tersebut agar pembelajaran terarah dan tercapainya kompetensi dasar untuk mata pelajaran tersebut.

Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran Group Resume (Resume Kelompok)[2]
  1.   Bagilah siswa/mahasiswa anda menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3 hingga 6   anggota.
  2.   Terangkan kepada siswa/mahasiswa anda bahwa di dalam kelas mereka itu dipenuhi dengan     individu- individu yang dipenuhi bakat dan pengalaman.
  3.   Sarankan kepada mereka bahwa salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi kelebihan yang dimiliki kelasnya dan menunjukkannya adalah dengan membuat resume kelompok.
  4. Bagikan kertas piano (kertas buram ukuran koran) dan spidol kepada setiap kelompok untuk menuliskan resume tentang mereka. Resume harus mencakup informasi yang menjual "kelompok" secara keseluruhan. Adapun data-data yang dapat dijadikan contoh adalah sebagai berikut:

a.       Latar belakang pendidikan,
b.      Sekolah atau kursus yang pernah diikuti,
c.       Pemahaman tentang mata kuliah yang diajarkan,
d.      Pengalaman kerja,
e.      Posisi yang pernah dijabat (pengalaman berorganisasi),
f.        Keterampilan
g.       Hobi, bakat, keluarga,
h.      Yang pernah dicapai.
5           5.  Minta masing- masing kelompok untuk mempresentasikan resume mereka dan mencatat                      keseluruhan potensi yang dimiliki oleh keseluruhan anggota kelompok.

Di bawah ini adalah contoh resume kelompok yang pernah dibuat oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Agama.
  • Kelompok: Jabal Nur
  • Tujuan : ingin memiliki kegiatan-kegiatan ilmiah yang menantang.
  • Kualifikasi yang dimiliki;
  • a.       Kursus bahasa Inggris sampai tingkat advance
  • b.      2 tahun pengalaman sebagai editor buletin mahasiswa
  • c.       Kursus bahasa Arab sampai tingkat inter mediate.
  • d.      Mengikuti kursus bahasa Perancis.
  • e.      Menggemari ilmu-ilmu politik dan sejarah
  • f.        Bahasa Inggris aktif dan pasif
  • g.       Memiliki komputer sendiri
  • h.      Bahasa Arab pasif, sedikit aktif.
  • i.         Terbiasa menggunakan internet
  • j.        Hobi mencakup membaca, diskusi, dengar musik klasik, makan bakso.
  • k.       Bisa menjalankan Microsoft word, Corel Draw, Power Point, Windows Arab.


Catatan
1.    Untuk memperlancar proses group resume, bagikan garis-garis besar yang dapat mereka isi dari masing-masing kelompok.
2.     Setiap anggota menuliskan resume masing-masing, dapat pula dilakukan dengan salah seorang mewawancarai teman-teman satu kelompoknya.

Strategi pembelajaran aktif group resume (resume kelompok) yang penulis tulis, diambil dari buku Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi karangan Hisyam Zaini yang ditulis bersama Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. Untuk membaca ke-42 strategi lainnya yang terdapat dalam buku tersebut seperti Strategi Pembelajaran Prediction Guide, Strategi Pembelajaran Teks Acak, Strategi Pembelajaran Reading Guide dan seterusnya, anda bisa buka di link ini. (Strategi Pembelajaran)

Sekian yang dapat Kumpulan Makalah sampaikan, semoga bermanfaat..
kurang lebihnya mohon maaf.. Wassalam..



[1] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI. (Yogyakarta: CTSD) hal. 10
[2] Ibid
Previous Post Next Post